Sabtu, 10 Januari 2009


Syukur kunci keikhlasan

Hidup akan terasa ringan kalau kita menjalaninya dengan penuh keikhlasan, hidup terasa berat karena kita tidak pernah mensyukuri nikmat yang Allah swt berikan kepada kita, berapa banyak ayat al-quran yang menjelaskan dalam surat-Nya : ”sedikit saja dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur”, (QS. Saba : 13). apakah kamu tidak bersyukur?. Hidup akan terasa indah jika kita menikmati setiap detik dan episode dengan bersyukur, bersyukur dan bersabar tidak mengenal kaya atau miskin orang tersebut, bersyukur dan bersabar adalah karakter pribadi orang. Bahkan imam Al-Ghazali dalam kitabnya ’al-ihya ’ulumuddin dalam babnya tersendiri tentang sabar dan syukur dikategorikan sebagai dua bagian iman, ada juga yang menyebutkan sabar separuh agama dan separuhnya lagi terdapat pada rasa bersyukur.
Saya sangat bersyukur diamanati dan dikaruniai seorang istri yang bersabar, karena isteri bagi saya perhiasan dunia. Mungkin anda sering mendengar kata-kata :” kenapa ya isteri saya tidak solehah, dulu saya mengenalnya tidak seperti itu”. Isteri soleha atau tidak sebenarnya tergantung suami mendidiknya. Teringat dengan pesan guru di pengajian bahwa meraih sesuatu lebih mudah dan gampang dibandingkan dengan memelihara, merawat dan menjaga, karena ketiga perlakuan tadi sangat sedikit orang bisa menjalaninya, diperlukan kesabaran yang tiada henti dari pihak suami. Orang lebih sibuk mengenal pribadi orang lain dibandingkan dengan kepribadian sendiri, maka jangan heran kalau ada suami isteri yang sudah lama menikah tetapi tidak mengenal siapa pasangannya. Bagaimana kita mau mengenal orang banyak, mengenal satu manusia saja kita tidak pernah tahu, padahal kalau kita mau menggali ilmunya Allah swt itu terdapat pada diri pasangan kita, maka saat ini mari kita sempatkan untuk terus mengenal, mengeksplor, menggali siapa pasangan hidup kita. Kita sering terjebak pada idealisme-idealisme yang sebenarnya itu tidak ada. Mana ada didunia ini yang sempurna.







==============================================
Sekiranya berkenan mohon kirimkan komentar anda melalui http://klinikhati.blogspot.com atau sms 021 689 52 278 (Telkom flexi)
==============================================